Rabu, 06 April 2016

Gempa 6,1 Skala Richter Guncang Garut

Gempa berkekuatan 6,1 skala richter (SR) terjadi di Garut, Jawa Barat. Belum ada laporan mengenai dampak gempa. "Berasa kencang sekitar 2-3 menit," kata petugas BPBD Garut, Riki saat dihubungi, Rabu (6/4/2016).


Dikutip dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 21.45 WIB, Rabu (6/4/2016). Lokasi gempa berada di 8.30 LS-107.32 BT. Kedalaman gempa berada pada 10 kilometer.
Guncangan gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) dirasakan cukup kuat oleh warga di Garut, Jawa Barat. Belum diketahui ada tidaknya kerusakan akibat guncangan gempa.
"Berasa kencang sekitar 2-3 menit," kata petugas BPBD Garut, Riki saat dihubungi, Rabu (6/4/2016). BPBD menurutnya masih mencari informasi dampak gempa tersebut. "Kami langsung cek," sebutnya.
Gempa 6,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Garut rupanya terasa sampai di Bogor, Jawa Barat. Lampu-lampu rumah tampak bergoyang.
"Kerasa, lampu di rumah goyang-goyang," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, dalam pesan singkat yang diterima agb168.com, Rabu (6/4/2016) sekitar pukul 22.15 WIB.
Selain Garut dan Bogor, daerah lain yang turut merasakan gempa yaitu Bandung, Tasikmalaya, dan Jakarta. BMKG telah menyatakan bahwa gempa yang pusatnya berada di 101 Km barat daya kota Garut tersebut tak berpotensi tsunami.
"Potensi tsunami enggak ada, susulan ada, hanya lebih kecil, tidak begitu besar," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG M Riyadi saat dihubungi, Rabu (6/4/2016) malam sekitar pukul 22.10 WIB. 
Bima Arya mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah Bogor untuk tidak panik.
"Tetap waspada, tapi jangan panik," imbaunya.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut telah mengerahkan personel untuk melakukan pengecekan dampak gempa ini. Petugas BPBD dibantu personel keamanan melakukan pengecekan di sejumlah wilayah dekat pantai.
"Kami cek jalur selatan di bibir pantai di Kecamatan Cibalong, Cikelet, Pameungpeuk, Caringin, Mekarmukti," kata Kasi Rekonstruksi BPBD Garut Dudi Iskandar kepada detikcom, Rabu (6/4) malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar